Senin, 20 April 2009

JALAN-JALAN SAMBIL BERTUALANG

Bosan dengan acara jalan-jalan yang itu-itu saja? Coba dengan berinteraksi dengan alam. Saat ini adventure travel memang makin popluer dalam dunia pariwisata. Pilihannya pun makin beragam.Yuk, kita lihat sama-sama, aktifitas peteualangan apa saja yang bisa Anda lakukan di alam bebas.

1. Jelajah Alam
trekking, hiking atau sebagian negara disebut tramping dan bushwalking adalah aktifitas berjalan-jalan di alam dengan tujuan menikmati keindahan alam sekitar. Tak jarang aktivitas jalan ini digabungkan dengan kegiatan camping.
   Place           : Taman Nasional Gunung HAlimun Salak.
   Yang Unik  : Canoe Camping yang menggabungkan canoeing dan camping. Mirip dengan backpacking, bedanya untuk transportasinya digunakan canoe, tidak berjalan kaki. Beban bawaan barang yang berat bisa diletakan pada canoe, tidak dipanggul dengan ransel seperti pada backpacking. Sayangnya kegiatan ini belum bisa dilakukan di Indonesia. Bila anda tertarik untuk mencobanya, bisa dilakukan di Berbagai negara di Benua Amerika,terutama Amerika Utara.

2. Eksplorasi
Memimpikan sebuah ekspedisi ala Indianan Jones? Pilihan kegiatan caving atau cannoying bisa jadi pilihan. Cavingg atau kegiatan eksplorasi goa kini telah berkembang menjadi sebuah kegiatan rekreasi, thanks to the modern protective wear and equipment. Karena sulitnya medan dan keadaan di dalam goa yang lembab, gelap, dan tak terduga, caving seringkali disebut sebagai jenis olahraga extreme oleh banyak orang. Bersiaplah untuk berhadapan dengan para penghuni goa yang umumnya sangat rentan dengan berbagai bantuk gangguan. MEreka jugabisa menjadi sangat berbahaya bila terusik, so you have to be extra careful.
   Kegiatan eksplorasi yang lain adalah canyoning atau canyoneering, yaitu kegiatan eksplorasi canyon. Kegiatan ini menuntut kemampuan navigasi sertapersiapan yang baik dari pelakunya. Di berbagai belahan dunia, kegiatan satu ini dilakukan pada mountain canyons yang memiliki sumber air mengalir.
    Place              : Berbagai rute canyoning tersebar di segala penjuru dunia, diantaranya telah terbukti aman adalah di USA,Turkey, Israel, New Zealand, Mexico,Canada,Braxil, Jepang, Jordan, croatia,Israel,Australia dan negara-negara Eropa.
    Yang unik     : Di Afrika Selatan, anda bisa mencoba kegiatan yang lebih mempercepat adrenalin, dimana kegiatan canyoning dilakukan bergatnian dengan melompat dari lembag-lembah yang memiliki tinggi hingga 20 meter, atau yang dikenal dengan Kloofing.

3. Water Sports
    Untuk acara seru lain coba lakukan watersport. Ada banyak jenis yang menarik seperti canoeing yang bertujuan untuk rekreasi,sekaligus berolahraga. Selain canoe, ada juga kayak, yang hanya berbeda sedikit  dari canoe, yaitu pada tempat meletakkan dayungnya. Jenis yang paling populer adalah whitewater paddling/ kayaking. Jenis yang lain adalah sea kayaking, yang dilakukan di lautan, dan membutuhkan keahlian navigasi yang cukup. Tidak ketinggaln aktivitas seru seperti white water rafting yang makin populer di Indonesia.
    Place          : Sukabumi, Jawa Barat, Jogyakarta
    Yang unik : Kenapa tidak mencoba rafting pada malam hari? dengan hanya ditemani sinar bulan dan cahaya lampu samar-samar. Ditanggung tak terlupakan.
    Aktifitas olahraga air lain yang menarik untuk dicoba adalah diving dan snorkeling.
    Place        : Derawan, Kalimantan dan Raja Ampat,Papua.
    Yang unik   : coba lakukan diving seru bertemakan animal watching atupun wreck diving kapal-kapal seram.

4.Naik...Naik.. ke puncak Gunung..
    Satu kegiatan lain yang menantang untuk dilakukan adalah mountaineering, aktifitas yang menggabungkan hiking dan mendaki gunung. Di belahan dunia bagian Eropa, kegiatan yang satu ini dikenal dengan nama Alpinism.
   Place         : Gunung Bromo
   YAng Unik  : Coba sekali-kali mendaki dengan bersepeda. Jalur yang jauh dari mulus dan mendaki, dijamin membuat pengalaman bersepeda Anda lain dari yang lain.
   Well, apapun pilihan Anda,yang pasti persiapkan diri sebaik-baiknya sebelum melakukan berbagai aktifitas di atas..
Happy travelling...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comment here